Kembali Berjilbab Setelah Mimpi

Ayu Rizki Yani UchaAssalamu’alaikum Wr. Wb.

Nama lngkap saya Ayu Rizki Yani Ucha, panggil aja Ucha. Saya tertarik membaca tentang #HijabStories di twitter @mariberhijab, membuat saya juga ingin menceritakan pengalaman saya.

Pertama kali saya memakai jilbab itu tahun 2007, tepat setelah saya menikah. Jilbab yang saya pakai waktu itu jilbab pendek (tidak syar’i). Saya menikah muda, alasan saya memilih menikah muda waktu itu karena saya tidak mau berpacaran dan yang saya tau waktu itu (ilmu yang terbatas) bahwa pacaran terlalu lama membuat dosa semakin menumpuk. Alasan saya waktu itu pakai jilbab, saya tidak tahu sama sekali kalau itu kewajiban. Alasan saya semata-mata karena suami yang memerintahkan.

Pada tahun 2008 saya melepaskan jilbab saya sampe tahun 2012 (Astaghfirullahal’azim), saya kembali seperti saya gadis dulu tidak lagi memakai jilbab. Mungkin sedikit heran, karena alasan saya lepas jilbab saat itu pun karena suami. Pekerjaan suami yang mulai menekuni dunia entertaiment (dia seorang musisi gitaris band), mungkin pengaruh itulah yang membuat dia tidak lagi menyuruh saya memakai jilbab. Alasan saya waktu itu menuruti melepas jilbab pun karena saya berpikir begitu banyak wanita cantik yang terlihat tanpa jiljab diseputaran kerja suami saya, rasa takut dan rasa cemburu membuat saya mengikuti pula keinginannya.

Di awal Januari 2012, Alhamdulillah suami saya mendapat hidayah. Saya melihat perubahan yang baik dalam diri suami saya. Dia sudah mulai tekun menjaga ibadahnya untuk Allah SWT, bahkan dalam keadaan terinfus di rumah sakit pun dia tidak pernah tinggalkan ibadah sholat dan mengaji. Dia mulai menjelaskan tentang kewajiban memakai jilbab dan kembali menyuruh saya memakai jilbab, tapi saya tidak terlalu menanggapi pembicaraannya karena saya tidak mau lagi lepas tutup jilbab dan saya pun masih khawatir waktu itu suami saya tergoda dengan wanita yang tidak berhijab karena pekerjaan entertainment penuh dengan dunia yang seperti itu.

Akhirnya pada bulan Juni 2012 saya bermimpi, saya memimpikan tentang kiamat, bumi yang hancur langit yang retak membuat saya gemetar. Kemudian dalam mimpi itu ada suara dari langit “inilah kiamat, sesungguhnya kiamat adalah nyata”, saya menangis lalu mulut saya berulang kali berucap “bagaimana ini sudah kiamat saya belum tutup aurat” 2x saya ulang kata-kata itu dalam mimpi sampe hingga saya terbangun dan menangis. Saya menceritakan perihal mimpi itu kepada suami saya sambil menangis. Dari itu saya berpikir seberapa wajibkah jilbab itu, saya mulai cari tahu dan suami pun memberitahu ayat Al-Qur’an dan hadist. Setelah saya pelajari, memang jilbab itu kewajiban seorang muslimah yang sama wajibnya seperti sholat.

Dari itulah saya niat memakai jilbab karena Allah. Hati saya Alhamdulillah tertarik dengan jilbab syar’i, bukan jilbab yang masih membentuk aurat tubuh. Karena jilbab bukan perhiasan dan bertabarujj hukumnya haram. Sekarang saya sudah berusia 25 tahun dan Alhamdulillah Allah sudah mentakdirkan saya memiliki 3 anak yg lucu-lucu.

Sekarang saya tidak perlu takut akan pekerjaan suami saya, karena saya yakin janji Allah pasti terbukti sesuai firman-Nya dalam Al-Qur’an, “Wanita-wanitayang baik untuk laki-laki yang baik…” dan saya sudah tidak lagi tertarik dengan pujian atau cacian. Yang saya tahu, muslimah menjaga imannya disaat perempuan lain sibuk mengejar anugerah dunia yang tidak kekal. Muslimah sibuk mengejar anugerah di syurga, itulah muslimah yang diajarkan Islam sebenarnya.

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

written by: Ayu Rizki Yani Ucha

twitter: @uchaummulmukmin

One thought on “Kembali Berjilbab Setelah Mimpi

  1. Hijabna mengatakan:

    Kisah yang sangat inspiratif, terima kasih telah berbagi pengalaman. salam

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 18.043 pengikut lainnya.

