Mimpiku Bertemu Rasulullah SAW

1997 – I was on the second grade of junior school.

Gue lahir dari keluarga yang keras untuk urusan agama. Bokap seorang ustad. Gue masih ingat, dari umur 4 tahun setiap azan maghrib berkumandang dari TV, bokap segera mematikan TV dan menyuruh semua orang di rumah untuk ambil wudhu & salat berjama’ah. Dulu yang namanya anak kecil, dengan senang hati gue ikuti ritual yang belum gue mengerti maknanya itu, sekedar lucu-lucuan J. Saat gue baligh sekitar kelas 6 SD, disitu saat “penyiksaan” dimulai. Kalau gue ngga mau salat / ngaji, bokap ngga segan-segan mukul / jewer gue. Katanya kesakitan gue yang dipukul dan dijewer masih ngga seberapa dibandingkan kesakitan yang akan gue dapatkan di neraka. Gue dulu bener-bener dibuat sebal sama beliau. Diam-diam menggerutu (walau akhirnya nurut juga, daripada kena sambit, hehehe). Sempet berpikir, “masa Islam kaya gini? Membenarkan kekerasan kalau umatnya lagi pengen nyantai dikit. Ah, agama ngga asik!”. Masya Allah deh, arogansi khas abege masih kentel banget di raga ini.

Tahun 1997, gue kelas 2 SMP. Suatu hari ngga ada angin ngga ada hujan,bokap dating ke gue dan tiba-tiba ngomong, “Wi, kamu kan udah baligh… Ngga kepikiran pakai jilbab ya?” Hah?! Is this my dad who just said those words? Helooo… Papah, gue tinggal sama papah baru berapa hari sih? Masa ngga tau anaknya ini kaya gimana?

Kaya gimana ya? Ya petakilan, ya bandung, ya doyan bolos, ya doyan ribut, doyan olahraga, naik gunung. Apa jadinya gue pake jilbab? Bisa robek-robek kerudung gue baru sehari dipake kali yah? Gitu pikiran gue dulu. Gue jawabnya cuma ketawa aja, dan dengan santai menjawab (sambil nyengir), “nanti ya, pah”. Bokap ngga nyerah, besoknya nyokap yang samperin gue dengan nada yang lebih keibuan. Dia minta gue pake jilbab. Bukannya jawab dengan ramah, gue malah jawab dengan tegang, “Dewi belom siap mamaaa! Udah deeh jangan ditanya lagi!”, dan dengan cueknya sibuk sendiri, tanda gue ngga mau ngelanjutin percakapan sama beliau.

Apakah ortu nyerah? Tentu tidak. Beberapa hari kemudian kedua abang gue (gue anak cewe satu-satunya dan bontot, hehehe) datang dan dengan ngga sopannya “nyuap” gue. Kata mereka, kalo gue mau pake jilbab, semua jilbab dan kerudung mereka yang tanggung biayanya. Eittsss, dikata gue melarat kali. “Gue ngga butuh dibeliin! Ini persoalannya bukan masalah uang, ini masalah kata hati!” gue teriak ke mereka. We ended up fighting over rude discussion about who’s right and who’s wrong. Gue teriak, “Panas tau!”, abang sulung gue cuma jawab, “Loe bandingin aje ntar sama panasnya neraka!” dan dia berlalu, ninggalin gue yang emosi dan tertampar sama kalimat dia terakhir. Tapi apakah gue mulai goyah? Tentu tidak :p

Pemaksaan akan berjilbab masih terus berlangsung sampe suatu hari kita (mereka lebih tepatnya; Papa, mama dan kedua abang) sampe ngata-ngatain gue cewe nakal, ngebangkang dan ngga tau diri. That was my turning point. I ran from my house, searched from some escapade to cool off. Gue ngga pernah bener-bener berniat minggat, cuma menurut gue kalau gue masih disana, situasi juga ngga akan membaik karena kedua pihak sama-sama ngotot. Ngga berapa lama nyokap tau gue dimana (dirumah temen pastinya, hehehe) dan bujuk gue supaya balik. I asked for a bargain. I’ll go back if they stop pushing me and stop deciding everything for me. Mama setuju, dan gue balik. They never spoke to me about hijab ever since.

Year 2000, first grade of hi-school.

Saat libur kenaikan kelas, gue mudik ke Sumatera Barat. Nothing special sebenernya, jalan-jalan, silaturahim dan sejenisnya. Sampai suatu malam gue dapat mimpi yang unbelievable. Di mimpi itu gue didatangi Rasulullah SAW hanya dari balik jendela rumah. Dia bilang, “Istri saya cantik, Dewi. Coba kamu liat” dan dia menggandeng seorang wanita yang… Subhanallah… Gue ngga tau apa kata yang lebih baik dari kata cantik. Mungkin SUPER cantik. Beyond words to say! Wanita itu pakai jilbab, cerah, terang, bercahaya… ngga tau deh apalagi, pokoknya amazing! Saking shocknya gue bangun tersentak dan tersengal-sengal. Ngga ngerti harus seneng apa shock dapet mimpi macam begitu.

Sejak mimpi itu, gue resah. Bawaannya pengen teriak. Marah, sebel, penasaran, takut. Gue kaya diomelin Tuhan, kaya dikasih teguran. Mimpi itu kebayang terus tapi gue ngga berani cerita ke siapa-siapa apalagi ke nyokap. Bisa-bisa nyokap ngetawain gue. Anak muda mana mau egonya disentil-sentil karena perasaan bersalah?

Tapi yang aneh, setiap gue papasan sama wanita berjilbab dikampung, perasaan aneh & iri tiba-tiba muncul. Ngeliat mereka semua tiba-tiba jadi pada cantiiik bener! Gue jadi ngerasa kalah cantik, kalah oke, kalah saing! Padahal dulu kalo ngeliat cewe berjilbab “Yeh, apa tuh? Ditutup-ditutup? Nutupin lemak?” gitu aja pikiran gue. Tapi Subhanallah… sejak saat itu keinginan gue untuk jadi salah satu dari mereka tiba-tiba menggebu banget! Ya Allah… apakah ini hidayah?

Gue pulang ke Jakarta hari Minggu. Hari senin gue sudah masuk sekolah lagi untuk tahun ajaran baru. Sampai dirumah masih siang, gue langsung ngomong sama mama & papa, “Mah, Pah… Dewi mau pakai jilbab”. Hening. Gue liat muka mereka. Errr… itu apa ya? Kaget? Shocked? Marah kali ya, dikira gue bercanda? Haduh, Papa mau mukul gue kali nih? Semua perasaan campur aduk nunggu reaksi mereka. Akhirnya mama yang ngomong duluan, “Kamu…. Sakit?” NYEEEEH!!! -_____-“

Akhirnya gue cerita ke mama tentang mimpiku di kampung, mama seneng bukan kepalang. Tapi gue nuntut janji para abang untuk beliin gue seragam sekolah & jilbab hari itu juga di Tanah Abang. Besok sudah sekolah dan gue ngga mau kalau ngga pakai jilbab, “sekarang bang, atau ngga gue ngga mau pakai jilbab seterusnya”. Abang gue dengan paniknya meluncur ke Tanah Abang. Puas juga ngintimidasi dia, biasanya yang bontot ditindas melulu, hihihi

Esok harinya….

Gue hampir aja ngga mau keluar rumah. Gila, what the f*** am I doing, wearing this weird outfit? Rok panjang, seragam lengan panjang. Dan ini… inih di kepala gue ini apaaan? Handuk? Hadeeeh… ngga usah sekolah aja deh gue! Gitu pikiranku, ngelangkah keluar rumah rasanya beraaat banget. Sampai mama samperin gue, “Udah, ngga usah takut. Bismillah aja…”. Mama bener, I was the one who decided to wear these things from now on. I have to commit. I have something to prove to my parents. Dan pergilah gue ke sekolah.

Hasilnya? Sekolah gempar!!

Untuk temen-temen SMA gue dulu mungkin ngga bingung kenapa sekolah segempar itu. Mereka udah tau lah “Iwed itu siapa?”. Reputasi gue di sekolah spektakuler! Bukan karena gue pinter, tapi karena gue badung!

“Iwed!! Lagi mimpi? Bangon bangoon!”

“Hwaaaa… Dunia kiamaaat! Iwed berjilbaaab. Ini tanda-tanda kiamat keciiil!”

“Mau ngatrol nilai kan luh, cari muka sama guru lu ya? Ciyeeh… bukan maen!”

Dan sederet komentar satir lainnya gue telen bulet-bulet hari itu. Yang tersenyum liat gue berjilbab cuma para guru dan anak-anak Rohis. Yasalaaam, abis deh temen gue. Jadi kuper deh gue… ya nasiib ya nasib. Kata gue dalam hati, “Ini toh cobaannya Ya Allah? Okeh… gue kuat kok. Que Sera, Sera!!

Couple days after I wore hijab

Suatu pagi sebelum bel masuk kelas, gue beli air mineral di kantin. Mading sekolah ada di deket kantin. Sambil menghabiskan minum, gue baca-baca mading (kebetulan gue suka buat puisi dan suka kirim ke mading). Sedetik kemudian gue hampir keselek! “Ada nama gue disini!! Apa ini, eh? Siapa nih yang buat artikel ini? Gue dijelek-jelekin!!”

“WEARING HIJAB: REAL HIDAYAH OR ANOTHER SENSATION-SEEKER?”

WHAAAAT?! Astaghfirullah! Lutut lemes… mata panas, tenggorokan tercekat. Ya Allah… tega bener, siapa ini yang tulis begini, nama penulisnya ngga ada…. Lemes selemes-lemesnya umat! Gue masuk kelas dengan mata sembab habis nangis di rest room. Pas jam istirahat gue tumpahin semua tangisan gue didepan sahabat-sahabat SMU gue. Mading mendadak rame. Gilak, yang cari sensasi gue apa penulisnya? Sakit jiwa! Gue ngucap istighfar terus dalam hati. Hari itu mendadak jam berdetak 100x lebih lama…

Couple months after

Gue punya sahabat yang tinggal di dekat rumah gue. namanya Nuznia Noerispredwikaterina Zein. Dia sedikit berbeda. Dia punya penyakit yang bernama “reflux” stage medium. Dulu gue punya penyakit serupa, stadium 4. Umur 3,5 tahun gue harus di operasi dan termasuk penyakit langka. Alhamdulillah Allah kasih kesuksesan di operasi gue, tapi tidak untuk Nia. Karena pengobatan yang telat, sobat gue itu terus mengidap penyakit itu yang menyebabkan (maaf) dia ngga bisa menahan kalau ingin pipis. Ngerti kan? Jadi kalau kebelet pipis, yaudah ngucur gitu aja, otot2 penahannya ga sanggup nahan aliran air seni nya. Bayangin yah, cewe, cantik… tapi di komplek dipanggil “bau pesiiing… bau pesiiiing”. Gosh… I feel her. Seandainya gue ngga di operasi waktu itu, predikat bau pesing itu mungkin ditujukan untuk gue juga :(

Anyway, waktu gue decided pake jilbab, Nia adalah salah satu orang yang ngga setuju. Ngga tau alasannya apa, tapi di respectsama keputusan gue. Kejutan datang selang beberapa bulan kemudian, Nia datang kerumah gue. Berjilbab.

“Ya Allah, Niaaaa…! Alhamdulillaaah” gue berlari peluk dia, dia cuma jawab

Thanks to you, Wed. You’re my inspiration!”

Lima bulan setelah Nia memutuskan pakai jilbab, sahabat gue itu meninggalkan gue selamanya….

Di nisan setelah menyemayamkan dia, Ibu Nia meluk gue kenceng banget dan bilang, “Makasih sayang. Nia pergi dengan husnul khotimah. Makasih….”. selang beberapa hari, Ibu Nia juga memakai jilbab, katanya karena dulu Nia pernah bilang, “Ma, kok ngga pakai jilbab kaya Nia, kaya Iwed?”. Subhanallah… gue ngga akan lupain sahabat gue yang satu itu, walaupun semua orang ngga ada yang mau berdekatan sama si bau-pesing. Si bau-pesing itu masih lebih baik dari kalian (semoga yang dulu ngejauhin dan ngeledek-ledek Nia akan baca ini!).

Alhamdulillah, sampai sekarang gue masih komit dengan pakaian ini. Dan gue tau gue sudah jatuh cinta selamanya dengan jilbab. Gue berjilbab bukan untuk cari predikat ALIM. Gue ngga butuh predikat manusia, gue cuma butuh ridho ALLAH. Manusia ngga ada urusan. That’s why gue berusaha ngga nge-brag tentang spiritualitas gue. Beberapa orang ngatain gue cuek, ya gue cuek. Gue emang pala batu. Se-pala batu waktu banyak orang bujuk gue untuk lepas jilbab, bujuk gue untuk ngga salat. Gue selon, gue suka b*tchy. Se-b*tchy waktu gue jawab “Mind your own f*cking business” sama orang yang ngajak gue untuk lepas jilbab.

Gue berjilbab dan masih selon. Gue berjilbab dan masih suka acting b*tchy most of the time. Masih suka buat keki orang. Masih suka ngeband metal, ngegigs dan headbang dengan kepala terbungkus jilbab. Masih suka nyampah di Twitter, ngeblog di Blogger & Multiply, padahal ALLAH adalah segalanya yang kita cari untuk curhat. Gue masih jauh dari sempurna. Karena itu gue ngga akan berusaha menyempurnakan hidup orang.

But what I’m proud the most:I wear hijab because I WANT, not because THEY WANT me to.

 

written byDewi Andriani

 

43 thoughts on “Mimpiku Bertemu Rasulullah SAW

  1. cing endin mengatakan:

    Kereunn…!!tuh sodare2 khususnya empo2 muslimah.mao elu ank metal atawa ank kepop skalipun klo udh urusan perintah allah ky jilbab n shlat ttp di nomor atuin.keep istiqomah uni iwed

  2. atik mengatakan:

    alhamdulillah. ikut senang baca postingan kak iwed, semoga hidayah ini juga dirasakan oleh saudari2 kita yg lain ya kak. semakin cantik dg berhijab🙂
    ijin share ya kak…

    #jilbaber gals

  3. IZZAH mengatakan:

    WELL… Subhanallah sekali untuk pengalaman yang telah dilewati…. saya berharap banyak pada ukhti, bahwa sekiranya mimpi bertemu dengan Rasulullah dijadikan momentum untuk benar-benar berpegang teguh terhadap ajaran ISlam… jujur, saya terkadang miris juga ketika melihat ada perempuan yang katanya berjilbab, tapi masih saa kayak gak berjilbab,,,, kepala sih tertutup, tapi masih pake baju ketat? masih pakai celana jeans, legin? masih gak pake kaos kaki? saya gak tau mereka berhijab berdasarkan apa… hijab adalah lambang kesederhanaan, kebersahajaan seorang wanita… apa klo berjilbab seperti itu, sudah menjamin kita terhindar dari fitnah? yang ada malah mengundang syahwat dan ftnah… saya harap kata2 saya dipertimbangkan dengan baik… hijab bukan dipakai untuk bergaya… tapi dipakai untuk berdakwah… terimakasih,.. Barakallahu ^_^

    • Terima kasih untuk saran2nya sist. Kita semua yang ada disini tidak pernah berhenti dari yang namanya “belajar”, sampai mati nanti manusia akan terus belajar, termasuk belajar mengerti & memahami Islam dengan sepenuh hati. I am one of them. Gue mengakui gw masih begajulan, masih banyak kurang disana & disini, masih sering melakukan hal yang tidak diridhai Allah SWT. Tp gue mau belajar. Islam sudah jadi keyakinan gue yang gw imani sepenuh jiwa & hijab sudah menjadi identitas gue selama kurang lebih 12 tahun terakhir & tidak pernah sedetikpun gw berpikiran untuk melepas identitas ini🙂 Kekurangan yang ada dijadikan pembelajaran sama2, termasuk dalam berhijab yang syar’i. IMHO, berhijab yang cantik, modis namun tetap syar’i dan santun itu it’s-a-must thing to be owned by every muslimah. Inshallah kita berdo’a terus agar dijauhkan dr fitnah, yang sedikit banyak tergantung dr attitude & sikap kita. Barakallah ukhit & salam kenal😉

  4. ErMa mengatakan:

    Subhanallah,,,, jadi lebih dapet pencerahan.. semoga kita sebagai muslimah selalu istiqomah, dan husnul khotimah ,,, Aaaamiiiien.
    hatur hunun teh iwed😀

  5. Irene mengatakan:

    Thanks to Iwed yang melalui posting-postingan blog, foto serta video tutorial memakai hijabnya sukses membuat hijab jadi fashion icon yang baru – a must have accessories for all women🙂

    • And I’m so damn proud of you my sistah! Welcome to the club, dear… Semoga dengan hijab baru loe bisa lebih ringan dalam melangkah & menghadapi semua masalah. ALLAH SWT always be with you, everytime. Dan pastinya loe makin cantik dengan jilbab, yipeeehh! *hugs*

  6. risamaulina mengatakan:

    Assalamualaikum mbak, aq risa dr Aceh, salut sm mba Dewi yg bs memutuskan b’hijab saat muda dikalangan yg tabu dng hijab. Sempet minder mbak, krn aq awalnya make hijab krn tuntutan Daerah aceh sbg daerah syar’i. dulu pas SMA masi suka buka kalo diluar sekolah, tp lama2 jd malu kalo g b’jilbab, dan apakah itu hidayah? Wallahualam.
    Mudah2an crita mbak ini bs mmbuat pr pembaca semakin (khusunya muslimah) smakin istiqamah, terutama mslh aurat, thx 4 sharing ya mbak..

  7. hahaha…#ngakak berat
    pas di paksa ortu+sodara laki2 buat pake jilbab?? gw banget wed, dan kalimat “I wear hijab because I WANT, not because THEY WANT me to” SETUJU BANGET
    dan yang pasti karena Allah ta’ala yah!mudah2an kita semua bisa slalu istiqomah+berusaha jadi manusia yg lebih baik😉

    • Halo… Asri? Nurul? Hehehe, nick-mu apa, dear? :p

      Ihihihihi, iye banget yeee. Kalo dari masih “ijo” udah tengil emang paling susah kalo disuruh2, nyokap gw sampe geleng2 doang kalo liat klakuan gw. Apalagi pas tau udah berjilbab masih metal-metalan :p Tapi Alhamdulillah sejak bersuami orang tua jadi lebih terbuka menilai gue. InshAllah gue mau buat orang tua gue bangga & ngga mau jadi anak durhaka, karena ridho Allah terletak di ridho mereka. Tapi palabatu dikit gapapalaah, hidup jadi lebih berprinsip (ngomong apa ya gue?! Hadehh…)

      Nice to meet you here, btw😉 tetep istiqomah juga semuaaa. Hidup musik gothic & metal!!😀

  8. Fika mengatakan:

    Salah satu cerita favorit di mari berhijab nih. Sblm baca kaget melihat jumlah komentar yang banyak bener,,beda dengan cerita2 lain dan ternyata ceritanya memang ‘sesuatu’ bgt. I like they way you tell the story. Dan stuju ama ola, kyknya dibikin buku seru nih. hehehe

    salam kenal ya wed🙂

    • Salam Fika ^^

      Tengkyu ya.. Cerita lain juga keren-keren! Yang terbaru yang dapet kerja karena jilbab, nah itu interesting. Biasanya krn pake jilbab susah dapet kerja🙂

      Duh pokoknya sincere gratitude deh buat semua yang udah mau baca share gue ini. Seneng banget makanya ada gerakan MB ini, jadi bisa menampung semua hal2 positif + ngajak wanita2 lain untuk ikut menutup aurat mereka. Bravo! ^^

  9. Ola Aswandi mengatakan:

    Hai Iwed.. salam kenal..
    pertama kali baca ceritamu di email mariberhijab, gw shock! hahaha.. gila! gak pake tedeng aling-aling soalnya bahasa lw..😛
    sempet bimbang jg mau “diperhalus” bahasanya ato ga..😀 *sorry!*
    tapi akhirnya tim editor memutuskan to take the risks.. sabodo teuing lah.. justru cerita2 seperti ini yg hrs dibaca orang2..😉

    well, gw harap kita semua tetep bs memperbaiki diri sampai ajal tiba.. aamiiin..
    salut utk keputusan lw dear!🙂

    • Halo neng Ola ini adminnya mariberhijab kah? Hwaaa… Gw di santronin adminnya langsung! *ngumpet di kolong meja*

      Ehehehe… Somehow at first I also thought that my article will be cut here and there more or less because of the explicit content / language. Gue nyadar kok Mpok admin, dan udah siap kalau artikel gw di cut sana-sini.

      Sedikit cerita, awal nulis ini juga gw sebenernya pake EYD in Bahasa kok. Bener deh bukannya kite kaga mau kirim artikel dengan EYD itu. Tapi sumpah, ini gw sendiri aja pas baca ulang artikelnya sampe ngakak… Tulisan seperti itu bukan gue banget, hehehe… Jadi maap ya mpok Admin (dan pembaca yang lain) kalau ada ketidaknyamanan baca artikel gue ini. Sumpe ngga maksud, ngetiknya ngalir gitu aja kaga pake titikoma😀

      Nice to know you all, sincerely appreciate your time-sparing to read this ^^ Allah bless uss all lah pokoknya hayyy

      • Ola Aswandi mengatakan:

        hahaha, iyaa.. sempet hampiirrr mau komen pake acc. mariberhijab, tp gak asik ah.. gak bs lbh personal nanti… *ciyeh*😛

        tapi keren kok wed, lw berhasil menampilkan cerita yg apa adanya.. me like it!
        coba bikin buku aje wed.. pasti laris manis tuh.. hihihihi..😆

  10. itha mengatakan:

    great story.. bacanya bikin nagih, hehe

    semoga tetep istiqomah

    salam kenal mbak iwed😉

  11. dee mengatakan:

    …luv this!!!!!! kEEp oN roCkin’ siZ…

  12. Hesty mengatakan:

    keep rocking girl !..

  13. Irma Puspita Sari mengatakan:

    sumpaahh.. merinding baca cerita ini.. nice share, nice story Iwed, salam kenal..🙂

  14. zilha mengatakan:

    u rock wed🙂

    msh inget gw ga??

  15. zilha mengatakan:

    u rock wed🙂

    inget gw gaaa?? :p

  16. wulan mengatakan:

    Iweeeeeeeedd……subhanallah, ceritanya bikin gw pengen baca lagi dan lagi…..ajari aku, ku masih jauh dari berhijab yg ideal dan baik…..

    • Hwaaa… Gue ngeri kalo diminta ajarin cara berhijab yang ideal & baik karena gw sendiri belom tentu udah baik say :p Senyamannya kita aja, yang penting jangan pernah merasa jilbab itu adalah beban, karena jilbab itu justru freedom buat kita dan selangkah lebih disayang Allah SWT. Allah suka dengan keindahan, dan jilbab itu indah looh😉

      Thanks yah udah mau baca cerita gue. Appreciate it a lot😉

  17. nana mengatakan:

    interesting story🙂
    can we be friends..?

  18. nana mengatakan:

    love your story,,,:) can we be friends…?

Tinggalkan Balasan

