Ibadah Haji Membuatku Malu

Nama saya Istyfah Sari Ramadhina, orang2 biasa memanggil saya Isty atau Dhina.

Saya lahir di jakarta 22 tahun yang lalu. Saya memakai jilbab ketika umur saya 14 tahun tepatnya ketika masuk SMA. Sejak SMP ibu saya selalu menanyakan kapan saya siap untuk menutup aurat? Dan secara spontan saya selalu menjawab “ntar klo SMA”. Namun, tanpa terasa waktu cepat sekali berputar dan saya pun lulus dari SMP. Ketika mencoba baju seragam di sekolah baru, saya sempat ingin mengingkari janji saya untuk tidak berjilbab, namun ibu saya yang selalu mengajarkan menepati ucapan dan janji, mengancam saya dengan kata-kata “lebih baik tidak sekolah daripada tidak menutup aurat”.

Setelah tawar menawar, akhirnya saya sepakat untuk berjilbab tetapi masih dalam proses belajar, ketika sekolah saya memakai jilbab, namun diluar itu saya melepasnya dengan perjanjian penyesuaian selama 1 tahun. Ketika naik kelas 2 ibu saya mulai menagih untuk saya memakai jilbab ketika berpergian tidak hanya sekolah saja, namun, saya lagi2 mengelak, sampai akhirnya pada bulan agustus 2004 orang tua saya ingin melaksanakan haji untuk yg ke-dua kalinya dan mereka mengajak saya dengan syarat setelah pulang dr tanah suci saya harus tetap istiqamah berjilbab dan menutup aurat karena itu adalah kewajiban. Sayapun menyepakatinya. Setelah pulang dr melaksanakan ibadah haji, saya merasa malu kepada diri saya sendiri, selama ini saya hanya mempermainkan agama dengan membuka tutup aurat saya didepan orang. Bukankah dengan berhijab kita juga bisa tampil anggun, dan yang pasti kita jauh lebih terlihat terhormat ketika berada di jalan. Saya melihat anak2 remaja di saudi tampil tidak kalah menarik dan cantik dengan mereka tetap menutup aurat mereka. Mereka tetap bisa bermain dengan teman2nya dan tidak ketinggalan zaman.

Dan setelah berhijab saya lebih merasa nyaman, anggun, dan tenang ketika berpergian. Tidak ada lagi orang2 iseng yg selalu memanggil manggil di jalan. Paling hanya sekedar menyapa Assalamu’alaikum ☺ Alhamdulillah saya merasakan nikmatnya berhijab ☺ ☺

written by: Istyfah Sari Ramadhina

Tinggalkan Balasan

