Berhijab Memberi Manfaat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Keluarga saya bisa dibilang keluarga yang cukup mengerti agama terutama papa saya. Dia cukup tegas dalam mengajarkan anak-anaknya tentang hijab dan jilbab. Awal pertama saya disuruh untuk mengenakan hijab atau jilbab ini kira-kira saat saya duduk di bangku SMP kelas 3. Awalnya tidak ada terbesit sedikit pun untuk mengenakan jilbab, ayah saya menghendaki apabila kita sudah mengalami proses pendewasaan atau mengalami haid, kita sebagai muslim seharusya dikehendaki untuk mengenakan jilbab.

Tapi pada saat itu saya cukup kecewa dan belum bisa menerima, padahal  saya masih ingin memperlihatkan mahkota wanita yaitu rambut seperti perempuan lainnya. Saya berpikir kalo saya mengenakan jilbab saya akan menjadi buruk atau kurang cocok. Dulu saat saya duduk di bangku SMP, dimana saya memang sudah mengenakan hijab dan jilbab, tetapi jujur kelakuan saya masih aruk-arukan. Ya puasa bolong-bolong, sampai kadang berbuka puasa di rumah temen saya yang bukan muslim, sholat masih bolong, dan masih banyak kenalakan-kenakalan saya di jaman SMP.

Tetapi dengan melewati beberapa proses yang telah saya lewati di dunia ini, banyak sekali pengalaman-pengalaman yang buat saya sadar seberapa pentingya berjilbab atau berhijab. Berhijab bukan hanya untuk menutupi aurat saja, tetapi selain itu juga harus bisa menjaga hati dan perilaku yang suci dan bersih. Walaupun saya belum bisa melalukan semua kesempurnaan itu.

Beriring waktu tanpa disadari saya sudah duduk dibangku SMA. Sungguh sudah cukup lama saya mengenakan jilbab, tetapi saya belum yakin dengan apa yang saya perbuat dari perilaku saya dari waktu-waktu sebelumnya . Sejak SMA saya berpikir dan baru menyadari betapa penting dan bermanfaat mengenakan jilbab dan hijab tersebut untuk diri sendiri di masa yang datang dan di masa yang abadi.

Dari waktu ke waktu saya berusaha untuk bisa menjaga dan beprilaku sebaiknya dan selayaknya.  Karena saya tahu hijab bukan sekedar hijab tapi kita juga harus bisa menghijabkan diri dan pribadi kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, meski itu semua butuh proses yang cukup lama dan bertahap. Dan dari sejak SMA hingga saya duduk dibangku kuliah, saya  sudah iklas dan saya merasa bangga menjadi salah satu Insya Allah wanita berhijab.

Alhamdulilah dengan saya mengenakan hijab dan menutup aurat saya, saya semakin mengerti manfaat-manfaatnya. Dimana dengan saya mengenakan hijab, Alhamdulilah saya bisa menjaga diri saya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah, Insya Allah. Saya memang belum benar-benar sempurna, tetapi saya akan berusaha untuk bisa menjadi wanita muslim seutuhnya. Dengan ilmu  dan pengetahuan tentang Islam untuk menambah keimanan saya terhadap Allah, dimana sejak saya berumur 19, saya ingin lebih mendekati diri saya kepada Allah, untuk bekal di masa yang abadi.

Insya Allah dengan hijab ini, saya dituntun dan dibimbing ke jalan yang diridhai Allah. Jika niat kita sudah ada dan keyakinan sudah mantap, pasti semuanya akan ikhlas dan akan lebih mudah dan nyaman untuk dijalankan. Seperti halnya saya ketika saya sudah ikhlas, saya lebih merasa lebih nyaman dan aman dalam kondisi apapun, setelah saya merasa ikhlas dan berniat untuk selalu mengenakan hijab ini.

Insya Allah, dengan hijab ini, hijab yang menutupkan aurat dan pribadi, kita bisa menuju ke jalan yang istiqomah. Saya selalu berdoa dan memohon kepada Allah supaya jangan lepaskan saya dengan hijab ku ini, karena dengan saya mengikuti salah perintah Allah yang satu ini hidup saya jauh lebih mudah ikhlas dan berlapang dada dalam keadaan apapun dan seberat apapun.

Banyak sekali manfaat, berkah, dan nikmat menggunakan hijab:

  1. Dulu sebelum mengenakan hijab, terkadang orang berpandang sebelah mata dan tidak bisa melihat keikhlasan saya.
  2. Dulu puasa, sholat, dan mengaji saya masih bolong-bolong dan jarang. Tetapi setelah saya yakin dan mantap, saya malu dengan hijab saya ini, jadi saya selalu berusaha melaksanakan apa yang seharusnya diperintahkan Allah.
  3. Sekarang saya banyak sekali memohon kepada Allah supaya diberi kemudahan untuk menuju jalan istiqomah-Nya, sedikit demi sedikit Allah membukakan jalan untuk saya.
  4. Dengan berhijab saya lebih dihargai dan dihormati dari sebelum saya mengenakan jilbab.
  5. Dengan berhijab saya bertekad untuk menjadi wanita muslim seutuhnya.
  6. Dengan berhijab ada niatan saya yang sangat besar untuk mengujungi Ka’bah.
  7. Dengan berhijab Allah telah memudahkan dan melindungi saya dari apapun.
  8. Dengan berhijab sedikit demi sedikit mendatangkan perubahan kepada saya.

Buat teman-teman, hanya sekedar share saja.. Indahnya jika kita memang menjadi wanita muslim seutuhnya, tapi apa salah nya kita untuk belajar dari mengenakan hijab, dimana itu adalah salah satu perintah Allah dan kewajiban kita sebagai wanita muslim. Dengan demikian meski saya memang belum bisa menjadi wanita muslim yang seperti diiinginkan Allah, tapi saya berusaha untuk mencapai itu dengan dibimbing oleh hijab ini.

So sadari, pikirkan manfaat untuk di hari akan datang dan di masa abadi kita.

Insya Allah we can do it! Aamiin..

written by: Dian Lestari

Tinggalkan Balasan

